Puasa ke-26, Mau Nulis Apa?

_
Aku nyari lagi ide buat nulis malam ini, anehnya belum ketemu juga. Biasanya jam segini tinggal capcus aja.  Aneh, banget. Gak seperti biasanya. Mungkin efek tadi siang.

Ada apa tadi siang?

Perpisahan sementara. Ceritanya kami lagi buat kesepakatan untuk saling tidak kontekan. Karena kami lagi pusing plus senang kedatang saudara dari jauh. Intinya, harus berkurban dan peka. 

Terus apa urusannya sama ide tulisan? 

Mungkin itu yang buatku bingung, harus nulis apa malam ini? Padahal tadi ide banyak banget berlarian ke sana ke mari. Dari tentang syahwat, resesesi seks dunia terus sama tantang media di masa depan.

Semua ide pada lari. Aku pun ditinggal sendiri. Aduh sepi tanpa kamu di sini. Aduh kamu, kok melow gini. Gini nih kalau lagi nyari ide. Ngelantur ke mana-mana. Ke mana-mana ngelantur juga.

Ada juga ide untuk nulis terkait konflik berdarah di Papua dan Palestina. Rencananya opini atau esai. Tidak mau dikirim ke media, di blog ini saja. Buat konsumsi semua. Aslinya takut ditolak dewan redaksi! Haha.

Ke mana ya nyari ide, kok gak muncul-muncul gini. Aku kasih tahu aja geh, minggu ini aku punya target baca empat buku: Rahasia Penulis karya Gol A Gong, Perjalanan Seorang Prajurit tentang Sintong panjaitan, Gejolak Sex; akibat dan solusinya, dan Pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMU tahun 1980-an. 

Baru satu yang beres, itu karya Mas Gong. Tadinya mau buat resensi untuk dikirim ke situs web pribadinya, entahlah belum mantap jiwa. Nunggu ide dulu, ke mana kamu ide hey?

"Jangan lupa baca al-Qur'an. Harus nomor satu," kata dia mengingatkan. 

Hey, maksih. Pasti itu. Harus malah. Tak cukup dibaca tapi digali isinya. Sayangnya, belum kelar juga tafsirannya di baca. Heh, masya allah. Sudah sejauh ini belum khatam membaca tafsir  Al-Quran. Kamu gimana, sudah belum? Terjemahannya deh, sudah? Atau lafad-nya saja, sudahh? 

Kalau belum, ngapain saja selama ini di beri usia panjang? Eh, atuh sama berarti kita ya. Iya, ngapin saja selama ini? Gini tuh kalau bingung mau nulis apa. Masa nulis kamu lagi, kan deg-degan nanti.

Atau nulis politik? Aduh, kena banned nanti. Serba salah juga kalau nyari ide. Eh, ide kamu di mana? Sini nih.

Sudah puasa dua puluh tujuh, apa yang kamu dapat sejauh ini? Sudahkah ada peningkatan ilmu, iman atau akhlak? Kalau belum, yuk sama-sama berbenah. Semoga di hari Fitri nanti--kalau ada umur-- kembali fitri lagi secara Paripurna. 

Mentok ide nih. Capek nyari ide. Ngumpet di mana. Apa jangan-jangan ide buronan KPK? Hem,  takut kena ciduk OTT. Hih, ngeri. []

Pandeglang |  17 April 2023   22.31

Posting Komentar

0 Komentar