10 Menit Menulis



Tentang kemiskinan di suatu tempat, lantas ada seorang ibu hamil ingin melahirkan. Sayangnya, akses jalan rusak dan tak bisa masuk mobil. Harus di tandu. Memang tertolong, ya itu kelelahan yang mendera menasihati catatan kelam di republik tercinta.

Berita lama setelah saya baca di media, mungkin baru naik lagi. Hem.

Saya sendiri belum melihat video yang viral itu, saya hanya mendengar dari hape adik yang kebetulan di buka. Lalu cerita bla-bla. Ini terjadi di wilayah tempat saya menghirup alamnya. Di mana saya besar dan lahir.

Salah siapa? Lebih menumpahkan kemarahan kepada pemerintah yang belum becus memperbaiki hak-hak warganya. Sibuk menata citra, giliran ada yang viral baru cemas. Mungkin salah kita yang belum mapan. Mungkin salah pemilik sawah. Mungkin salah saya juga mau menuliskannya. Mungkin salah yang memviralkan, kenapa iseng men-share?

Mencari siapa yang salah memang mudah, tetapi menyadari kesalahan sendiri itu yang sulit. Hem, di hari ke 21 ramadan ini, apa yang kamu pikirkan? (***)

Pandeglang, 1 April 2024    18.02

Posting Komentar

0 Komentar